CARA MEMBUAT SOFTLIGHT BOX UNTUK LIGHTING MENGGUNAKAN BARANG BEKAS

Hai teman-teman.. apa kabar ??

Apakah kalian seorang content creator di youtube? atau kalian sering membuat film-film pendek sekedar untuk menuangkan kreatifitas? Kalau iya, mungkin perlengkapan yang satu ini akan sangat membantu dalam proses pengambilan gambar di ruangan yang intensitas cahayanya kurang.

Apa itu? ya softlight box.

Softlight box untuk lighting ini sering digunakan oleh para content creator youtube atau para pekerja seni dibidang perfilman dan photografi. Merknya pun beragam, dan harganya pun bervariasi tergantung spesifikasinya.

Untuk kalian yang masih pemula, nggak ada salahnya kalau kalian memakai softlight box yang dibuat sendiri. Dengan begitu, kalian bisa menghemat biaya yang dikeluarkan.

Nah, kali ini aku mau berbagi cara membuat softlight box untuk lighting video menggunakan barang bekas.

Bahan-bahan :
  1. Kardus bekas
  2. Lem Stick atau lakban 
  3. Kertas Crepe warna putih
  4. Alumunium foil
  5. Lampu 
  6. Kabel
  7. Colokan
  8. Fitting Lampu 

Cara membuat softlight box :
  • Potong kardus berbentuk trapesium sama kaki sebanyak 4 buah dan persegi panjang 1 buah. 2 buah trapesium sama kaki berukuran sisi a = 43cm, sisi b = 25 cm, kaki = 24,5 cm, 2 buah trapesium sama kaki berukuran sisi a = 30 cm, sisi b = 15 cm, kaki = 24,5 cm, dan 1 buah persegi panjang berukuran p = 25 cm, l = 15 cm.
  • Tempel alumunium foil pada salah satu permukaan kardus yang sudah kita bentuk.
  • Buat lubang di tengah kardus persegi panjang untuk memasukkan kabel.
  • Tempelkan masing-masing sisi b trapesium sama kaki dengan persegi panjang sesuai dengan ukuran sisi masing-masing menggunakan lem stick atau lakban.
  • Pasang kabel pada fitting lampu, kemudian pasang pada box yang sudah kita buat menggunakan lem stick.
  • Perhatikan saat memasang fitting pada box, jangan sampai ada kabel yang menempel pada permukaan kardus yang dilapisi alumunium foil, atau kita bisa membuat lubang pada alumunium foil sebesar fitting yang digunakan agar tidak korslet.
  • Pasang colokan di ujung kabel yang lain, kemudian pasang lampu, dan uji coba dengan menyambungkan ke stop kontak.
  • Jika lampu menyala dengan normal, selanjutnya tutup bagian depan soft light menggunakan kertas crepe. Kertas crepe berfungsi untuk menyebarkan cahaya dari lampu sehingga cahaya lampu tidak tajam, atau terkesan lembut.

Itulah step by step membuat softlight box untuk lighting menggunakan barang bekas. Kalau masih ada yang belum dipahami silahkan bertanya di kolom komentar. 
Demikian dan Semoga bermanfaat.

Klik "Berlangganan" untuk mendapatkan update artikel melalui email

0 Response to "CARA MEMBUAT SOFTLIGHT BOX UNTUK LIGHTING MENGGUNAKAN BARANG BEKAS"

Post a Comment