Belajar Arduino | Lampu Lalu Lintas Interaktif

Di artikel belajar arduino kali ini, kita akan membuat project lampu lalu lintas interaktif menggunakan arduino uno.

Lampu Lalu Lintas Interaktif digunakan untuk membantu para pejalan kaki yang akan menyebrangi jalan raya. Cara kerja lampu lalulintas interaktif ini yaitu saat kita menekan tombol yang disediakan, secara otomatis lampu yang mengatur lalulintas jalan raya akan menyala warna merah. Kemudian lampu penyebrangan pejalan kaki warna hijau akan menyala dalam rentang waktu yang ditentukan.

Dengan lampu lalu lintas interaktif ini, para pejalan kaki akan sangat terbantu untuk menghentikan kendaraan yang lewat saat akan menyebrangi jalan raya.

Berikut ini cara membuat atau merangkai dan memprogram arduino menjadi lampu lalu lintas interaktif.

Komponen yang digunakan yaitu :
1. Led 5mm x 5
2. Resistor 220 ohm x 6
3. Button x 1
4. Kabel Jumper male to male x 13
5. Breadboard
6. Arduino Uno

Kemudian rangkai komponen seperti gambar di bawah ini :





Setelah semua komponen dirangkai, selanjutnya copy coding dibawah ini kemudian upload ke modul arduino menggunakan software Arduino Uno.

Download codingnya disini.

Jika berhasil, maka lampu warna hijau untuk jalan raya akan menyala dan lampu warna merah untuk penyebrangan akan menyala. Kemudian setelah tombol ditekan, lampu warna kuning untuk jalan raya akan menyala sebelum lampu merah menyala dan lampu warna hijau untuk pejalan kaki juga akan menyala selama waktu yang sudah ditentukan dan kemudian akan berkedip dan mati, selanjutnya lampu kuning untuk jalan raya akan menyala sebelum lampu hijau untuk jalan raya menyala dan lampu merah untuk pejalan kaki juga menyala.




Demikian artikel Belajar Arduino | Lampu Lalulintas Interaktif, semoga bermanfaat.

Klik "Berlangganan" untuk mendapatkan update artikel melalui email

0 Response to "Belajar Arduino | Lampu Lalu Lintas Interaktif"

Post a Comment